MENGENAL RGB DAN CMYK

     Hai teman - teman kali ini saya akan memberikan sedikit materi tentang warna RGB dan CMYK.

Sebelumnya mari kita cari tahu apa itu WARNA?



    Warna adalah salah satu unsur penting yang harus ada dalam kehidupan kita, sebab warna berguna untuk menunjukan gelap terang sesuatu. Selain itu warna juga bisa melambangkan suasana hati/perasaan, seperti warna gelap menunjukkan suasa hati yang sedang sedih. Dalam dunia desain, warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang berpengaruh pada sebuah desain yang akan dibuat.



- Pengertian warna RGB dan CMYK 


    RGB adalah singkatan dari Red, Green, Blue. Hasil dari tiga warna ini akan menghasilkan tingkat kecerahan yang lebih tinggi dibandingkan warna CMYK. Warna RGB (warna additive) adalah warna yang bertujuan untuk mempresentasikan gambar secara visual pada elektronik seperti televisi, proyektor, dan monitor komputer. Layar pada monitor menggunakan model warna RGB karena tampilan monitor komputer berlatar belakang warna hitam. Jadi, warna Red, Green, dan Blue berfungsi untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar gelap ( hitam ).

Warna RGB :



    CMYK singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. Gabungan dari 4 warna CMYK menghasilkan sebagian warna dari RGB. Penggabungan warna Cyan, Magenta, dan Yellow akan menghasilkan warna Black. Penggunaan warna CMYK (warna subtractive) untuk tampil seimbang dengan latar belakang putih seperti pada bahan cetak kertas. Model warna CMYK menjadi standar dalam proses percetakan.


Warna CMYK :



- Perbedaan warna RGB dan CMYK


Jadi simpulan perbedaan antara warna RBG dan CMYK adalah :








RGB terdiri :  Red (Merah), Green (Hijau), Blue (Biru) difungsikan untuk tampilan monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam. Sedangkan CMYK : Cyan, Magenta, Yellow, Black digunakan untuk tampil seimbang dengan latar belakang putih dari bahan cetak seperti kertas printer.



    Demikian singkat materi yang saya ingin bagi ke teman - teman semua, semoga materi yang saya berikan akan sangat bermanfaat, dan juga kalian jadi mengenal apa itu warna RGB dan CMYK. Bila ada kesalahan penulisan ataupun kesalahan penjelasan dalam materi, saya minta maaf dan terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMAN PKL DI DINAS PARIWISATA KABUPATEN BULELENG (DISPAR)